Powered By Blogger

Thursday, July 27, 2017

Cari Tahu Mengenai Diabetes, si pembunuh senyap


Penyakit Diabetes Mellitus (DM) atau penyakit kencing manis atau kondang dengan nama penyakit gula adalah golongan penyakit kronis yang ditandai dengan peningkatan kadar gula dalam darah sebagai akibat adanya gangguan sistem metabolisme dalam tubuh, dimana organ pankreas tidak mampu memproduksi hormon insulin sesuai kebutuhan tubuh atau ketidakmampuan tubuh mengubah glukosa menjadi glikogen.
Jenis-Jenis Diabetes
Diabetes yang timbul akibat kekurangan insulin disebut DM tipe 1 atau Insulin Dependent Diabetes Mellitus (IDDM). Sedang diabetes karena insulin tidak berfungsi dengan baik disebut DM tipe 2 atau Non-Insulin Dependent Diabetes Mellitus (NIDDM).
Insulin adalah hormon yang diproduksi sel beta di pankreas, sebuah kelenjar yang terletak di belakang lambung, yang berfungsi mengatur metabolisme glukosa menjadi energi serta mengubah kelebihan glukosa menjadi glikogen yang disimpan di dalam hati dan otot.
Tidak keluarnya insulin dari kelenjar pankreas penderita DM tipe 1 bisa disebabkan oleh reaksi autoimun berupa serangan antibodi terhadap sel beta pankreas.
Pada penderita DM tipe 2, insulin yang ada tidak bekerja dengan baik karena reseptor insulin pada sel berkurang atau berubah struktur sehingga hanya sedikit glukosa yang berhasil masuk sel.
Akibatnya, sel mengalami kekurangan glukosa, di sisi lain glukosa menumpuk dalam darah. Kondisi ini dalam jangka panjang akan merusak pembuluh darah dan menimbulkan berbagai komplikasi. Bagi penderita Diabetes Melitus yang sudah bertahun-tahun minum obat modern seringkali mengalami efek yang negatif untuk organ tubuh lain.
Gejala-Gejala Diabetes
Berikut ini adalah gejala-gejala umum yang terjadi pada penyakit diabetes :
– Rasa haus
– Banyak kencing
– Berat badan turun
– Rasa lapar
– Badan lemas
– Rasa gatal
– Kesemutan
– Mata kabur
– Kulit Kering
Jika tidak cepat ditangani, dalam jangka panjang penyakit diabetes bisa menimbulkan berbagai komplikasi, seperti :
– Penglihatan kabur
– Penyakit jantung
– Penyakit ginjal
– Gangguan kulit dan syaraf
– Pembusukan
– Gairah sex menurun
Makanan Diet Diabetes
Bagi penderita penyakit diabetes sangat dianjurkan untuk mengonsumsi makanan yang sehat dan berpengaruh baik pada kadar gula. Hal ini dikarenakan menurunnya produksi hormon insulin dari pankreas sehingga menyebabkan kadar gula dalam darah menjadi tinggi. Maka dianjurkan bagi para penderita diabetes untuk memakan makanan yang mengandung karbohidrat dari whole grain, sayuran, buah-buahan dan susu rendah lemak.
Makanan diet yang dianjurkan bagi penderita diabetes, antara lain :
– Kacang polong, kacang panjang dan buncis
– Apel, aprikot dan pir
– Oats
– Roti gandum dan ubi jalar
– Susu krim dan yogurt rendah lemak
– Daging unggas dan daging merah rendah lemak
– Makarel, sarden, dan salmon
– Labu dan biji rami
– Buah dan sayur-sayuran
– Beras merah
Makanan tersebut dianggap dapat memberikan asupan zat yang sangat dibutuhkan para penderita diabetes, tanpa membahayakan kesehatan penderita tersebut. Selain jenis makanan, para penderita diabetes juga harus memperhatikan porsi makanan dan jadwal makannya. Dengan memperhatikan ketiga hal tersebut, maka dapat meminimalisir kemungkinan meningkatnya kadar gula dalam darah.
Makanan Pantangan Diabetes
Penderita diabetes juga memiliki makanan yang harus dipantang. Ini dikarenakan tingginya kadar gula dalam darah. Hal tersebut dianjurkan supaya kondisi kesehatan penderita tersebut dapat terjaga dengan baik. Berikut ini adalah makanan yang harus dijauhkan oleh penderita diabetes, yaitu :
– Nasi
– Kafein
– Kentang
– Mie dan pasta
– Roti putih
– Nangka dan durian
Jika makanan yang disebutkan diatas dihindari oleh penderita diabetes, maka hal tersebut dapat membantu mereka dalam menjaga kestabilan gula dalam darah.

No comments:

Post a Comment

Azithromycin, Antibiotik yang digunakan untuk terapi covid

Azithromycin merupakan antibiotik golongan makrolida yang memiliki mekanisme kerja dengan mengikat subunit ribosom 50S pada mikroorganisme y...