Powered By Blogger

Thursday, September 7, 2017

Kiat Menjadi Supervisor/Leader di Unit produksi bagi Fresh Graduate


Setelah sebelumnya admin membahas kiat untuk menghadapi tes interview di perusahaan farmasi, kini admin akan membahas mengenai kiat bekerja sebagai supervisor atau leader di unit produksi. Sebagai lulusan baru atau fresh graduate tentunya teman-teman akan mengalami kendala di awal memasuki dunia kerja khususnya apabila ditempatkan sebagai leader atau supervisor karena posisi leader menuntut tanggung jawab lebih dan pemikiran yang lebih dewasa menghadapi persoalan baik teknis atau non teknis. Berikut admin akan paparkan kiat bagi teman - teman yang baru pertama masuk ke dunia kerja :
1. Senyum dan sapalah siapa pun di tempat anda bekerja
Ini simple tapi seringkali dilupakan, pegawai yang masuk dengan langsung menduduki posisi tinggi terkadang susah untuk akrab dengan orang yang secara posisi berada di bawahnya. Sapalah semua orang yang anda temui serta selalu senyum lah untuk memberi kesan baik karena kesan pertama yang baik akan memudahkan anda dalam bekerja.
2. pelajari ik dan cpob
Setiap perusahaan pasti mempunyai intruksi kerja atau standar operasional. pastikan anda mempelajari semua hal itu dengan baik terutama dasar-dasar pekerjaan d unit produksi seperti aturan memasuki area produksi, aturan dalam proses control selama produksi maupun penanganan terhadap masalah yang terjadi. Ada baiknya anda juga merefresh pengetahuan tentang cpob terutama dalam penerapan di tempat kerja anda. Seringkali "bawahan: anda akan menanyakan hal-hal tersebut untuk menguji anda jika anda gagal menjawab dengan benar atau tidak memberikan alasan yang logis maka kapabilitas anda sebagai leader akan dipertanyakan.
3. Gunakan bahasa yang baik dan sopan

penggunaan tata bahasa yang sopan akan membuat orang respek terhadap anda. Satu hal yang harus anda ingat jangan langsung memberi perintah kepada bawahan anda ketika anda mulai bekerja di perusahaan. Biasakan lah menggunakan kata tolong ketika meminta seseorang bekerja untuk anda. Anda mungkin adalah atasan tapi bawahan anda telah bekerja lebih lama dari anda sehingga secara pengalaman mereka berada jauh di atas anda.
4. Jangan sungkan bertanya, pelajari apa yang anda lihat
Jangan pernah sungkan bertanya terhadap bawahan anda karena meskipun mereka tidak memiliki ilmu yang tinggi tapi pengalaman mengajarkan mereka untuk bekerja lebih efektif dan efisien. pelajari lah mesin dan sistem di tempat anda bekerja, dan jika ada yang kurang langsung adakan perbaikan dengan terlebih dahulu berkonsultasi dengan atasan dan diskusi dengan bawahan anda. Jangan ikuti sistem tapi perbaikilah sistem, anda akan mendapat respek jika bisa memperbaiki sistem yang ada.
5. Jangan kaku
Dunia kerja tidak lah seperti kuliah di mana 1+1 = 2, dunia kerja adalah dunia yang fleksible. pastikan anda berpikiran terbuka dan selalu siap terhadap perubahan karena perubahan adalah nafas dari produksi sendiri. Sekali lagi pelajari dengan seksama tempat anda bekerja, karena terkadang apa yang anda pelajari tidak sepenuhnya diterapkan dalam pekerjaan anda. Dalam produksi mencapai target secara kualitas dan kuantitas adalah keharusan.
6. Ambil keputusan dengan bijak
Sebagai leader anda mungkin akan menghadapi banyak sekali masalah non teknis, ada mungkin di antara bawahan anda tidak puas dengan keputusan anda atau mungkin bisa ada konflik di antara operator anda. prinsip yang harus dijaga adalah tidak boleh memihak dan jangan mengambil kesimpulan dan keputusan saat anda baru mendengarkan pendapat dari satu sisi saja, pastikan anda mendengar  pendapat dari kedua belah pihak dan kroscek dengan rekan sejawat bawahan anda atau dari catatan kerja mereka bisa dari log book atau jam kerja mesin. Keberpihakan hanya akan melemahkan anda dan sikap tegas akan menguatkan diri anda, tapi saat memberi teguran jangan permalukan mereka. Akan lebih baik jika anda memberi teguran di ruang pribadi seperti mengajak mereka ngobrol berdua atau diskusi dengan pihak yang bertikai saja, jangan sampai memberi teguran di forum umum karena bagaimana pun mereka lebih tua dari anda, dan anda wajib menghormatinya.
7. Jaga Sikap
Sebagai leader anda dituntut bersikap dengan baik, tapi jangan terlalu sering bercanda dan bersenda gurau. Anda harus ingat dengan pekerjaan dan jangan terlalu sering ngobrol untuk sesuatu yang tidak penting di lingkungan kerja. Karena itu akan menurunkan wibawa anda.

Terakhir pastikan anda menerapkan prinsip Tulis Apa Yang Anda Kerjakan Kerjakan Apa Yang Anda Tulis.

Semoga kiat sederhana dari admin akan memudahkan anda bekerja dan anda akan mendapatkan respek dari semua orang di lingkungan tempat anda bekerja, meskipun anda belum memiliki pengalaman kerja.

No comments:

Post a Comment

Azithromycin, Antibiotik yang digunakan untuk terapi covid

Azithromycin merupakan antibiotik golongan makrolida yang memiliki mekanisme kerja dengan mengikat subunit ribosom 50S pada mikroorganisme y...