Powered By Blogger

Tuesday, August 22, 2017

Kiat Sukses Interview Tes Wawancara di perusahaan Farmasi



Rata-rata Mahasiswa Farmasi berpikiran bahwa mereka akan bekerja di rumah sakit, pukesmas, atau apotek begitu mereka lulus. padahal farmasi memiliki ruang lingkup yang lebih dari itu. Berbeda dengan perawat atau tenaga kesehatan lainnya yang berfokus pada pelayanan kesehatan, farmasi memiliki ruang lingkup dari hulu hingga hilir. Ia bisa mengabdi di unit produksi, distribusi maupun pelayanan. Ada sekitar 200 perusahaan farmasi baik besar maupun kecil yang tentu membutuhkan jasa tenaga farmasi. Sayangnya ketertarikan mahasiswa farmasi terhadap bidang kerja farmasi industri masih sedikit. Ini bisa dilihat kok dari jumlah magang mahasiswa yang ke industri lebih sedikit daripada ke RS. 

Ada beberapa alasan mengenai ketidaktertarikan ini bisa karena lingkungan, bisa juga karena ketidak tahuan dan atau karena was was dengan tes yang harus dihadapi ketika masuk ke perusahaan. Berikut admin paparkan beberapa kiat saat menghadapi tes interview di perusahaan khususnya perusahaan farmasi :

1.  Jangan gugup
2.  Berpakaian yang rapi dan sopan
3. Betingkah laku yang sopan baik saat sebelum selama dan sesudah wawancara lebih baik mengucapkan salam lebih dahulu dan tidak duduk sebelum dipersilahkan begitu pula ketika akan pergi salami penanya dan pergi dengan mengucapkan salam terlebih dahulu.
4. Murah senyum dan fokus pandangan ke depan aplagi saat menjawab pertanyaan tatap penanya anda
5. perbaiki sikap duduk usahakan untuk duduk tegak dan tidak melakukan banyak gerakan
6. Ceritakan dengan singkat dan jawab pertanyaan sesuai dengan yang ditanyakan
7. perusahaan biasanya membutuhkan karyawan yang memiliki jiwa kepemimpinan dan kerja sama yang baik dalam tim, karena itulah tunjukkan kalau anda punya jiwa kepemimpinan melalui jawaban anda biasanya akan ditanyakan pemecahan kasus untuk mengetahui kemampuan anda dalam mengambil keputusan pilih jawaban yang rasional yang berorientasi pada produk.
8. Dalam beberapa bidang biasanya akan ditanyakan pengetahuan anda mengenai calon pekerjaan anda karena perusahaan sangat kompleks dan masing masing pekerjaan akan memiliki job desk yang berbeda. Jadi pastikan anda mengetahui pekerjaan apa yang akan anda lamar, misal anda melamar pekerjaan di bidang qc pelajari lebih mendalam mengenai analisis bahan dan atau sampel, atau ketika melamar di unit produksi pastikan anda paham mengenai teknologi farmasi seperti pembuatan tabet, salep dan sirup.
9. Tunjukkan dengan sikap dan jawaban bahwa anda adalah orang yang dinamis dan mau berkembang serta pastikan anda konsisten dengan jawaban anda.
10. Berdoalah sebelum dan sesudah interview. Ini yang menjadi yang terpenting doa akan memudahkan jalan anda.

Sekian kiat dan tips singkat yang dapat admin berikan semoga sukses... Kiat ini sukses di 3 industri farmasi dan mungkin bisa juga di anda. Selamat Mencoba

No comments:

Post a Comment

Azithromycin, Antibiotik yang digunakan untuk terapi covid

Azithromycin merupakan antibiotik golongan makrolida yang memiliki mekanisme kerja dengan mengikat subunit ribosom 50S pada mikroorganisme y...