Powered By Blogger

Saturday, April 1, 2017

Apa itu infark miokardia? yuk cari tahu

Hasil gambar untuk infark miokard
Pengertian Infark Miokard
Istilah infark miokard ini sering disebut juga sebagai serangan jantung yang mengacu pada kematian segmen tertentu dari otot jantung yaitu miokardium, biasanya karena adanya penyumbatan di salah satu arteri koroner utama atau cabang daripadanya.

Penyebab / Etiologi Infark Miokard
Penyebab utama infark miokard adalah aterosklerosis di arteri koroner, sama seperti juga yang terjadi pada stroke non hemorogik. Hal ini mengakibatkan gangguan kontraktilitas otot jantung dalam hitungan detik, dan awalnya terbatas pada segmen yang terpengaruh.

Patofisiologi Infark Miokard

Iskemia miokard atau infark miokard dimulai di endokardium (lapisan bagian dalam jantung) dan menyebar ke epikardium (lapisan bagian luar jantung). Kerusakan jantung yang ireversibel akan terjadi apabila terjadi penyumbatan total untuk setidaknya 15-20 menit. kerusakan yang ireversibel terjadi secara maksimal di daerah yang beresiko, dan ketika oklusi dipertahankan selama 4-6 jam. Sebagian besar kerusakan yang terjadi di 2-3 jam pertama. Pemulihan dari aliran dalam 4-5 jam pertama dikaitkan dengan penyelamatan otot jantung, tapi persentase keselamatan lebih besar jika aliran dipulihkan pada 1-2 jam pertama. Faktor penentu utama kematian dan penyakit adalah ukuran infark. Meningkatkan pasokan oksigen ke daerah yang terlibat penyumbatan oleh reperfusi koroner (angioplasty) lebih efektif dalam menyelamatkan miokardium daripada penurunan permintaan oksigen.

No comments:

Post a Comment

Azithromycin, Antibiotik yang digunakan untuk terapi covid

Azithromycin merupakan antibiotik golongan makrolida yang memiliki mekanisme kerja dengan mengikat subunit ribosom 50S pada mikroorganisme y...