Powered By Blogger

Tuesday, April 18, 2017

Tanaman Kacang Merah dan Khasiat serta Manfaatnya

                                                       KACANG MERAH


Klasifikasi dari kacang merah :
Kingdom         : Plant
Divisi               : Spermatophyta
Sub divisio      : Angiosspermae
Kelas               : Dicotyledonae
Sub kelas         : Calyciflorae
Ordo                : Rosales (Leguminales)
Famili              : Leguminosae (Papilionaceae)
Sub famili        : Papilionoideae
Genus              : Phaseolus
Spesies            : Phaseolus vulgaris L.
Sebenarnya, Phaseolus vulgaris L dalam bahasa Inggris disebut common bean dan di Indonesia biasa disebut buncis, sedangkan kacang merah adalah salah satu varietas dari buncis yang mempunyai biji yang besar. Jadi secara ilmiah kacang merah dan berbagai varietas lain dari buncis seperti kacang pinto, kacang navy, dan kacang hitam dikenal sebagai Phaseolusvulgaris.
Kacang merah merupakan tumbuhan asli dari lembah Tahuacan-Meksiko. Namun seiring dengan waktu kacang merah terus menyebar. Pada awalnya hanya menyebar di daerah Amerika Tengah dan Amerika Latin. Namun sekarang sudah terdapat di Eropa, dan seluruh dunia termasuk Indonesia.
Kacang merah merupakan sumber yang bagus bagi molybdenum. Kacang merah juga mengandung folat, serat, mangan, fosfor, protein, vitamin B1, besi, potassium, dan magnesium. Menurut Djamil dan Tria (2009) kacang merah diketahui juga mengandung senyawa flavonoid, saponin, tanin, steroid/triterpenoid, dan kumarin.
Kacang merah ini memiliki bentuk seperti ginjal, berwarna merah dan memiliki corak merah tua di sekitar kulitnya. Kacang merah ini cocok di tanam pada iklim basah sampai kering dengan ketinggian yang bervariasi dan curah hujan 1.500-2.500 mm/tahun. Sifat-sifat tanah yang baik untuk kacang merah: gembur, subur dan keasaman (pH) 5,5-6. Jika ditanam pada tanah pH < 5,5 terjadi gangguan penyerapan unsur hara). Biji kacang merah yang dipetik belum tua memiliki kualitas yang rendah (biji mudah keriput) dan kandungan gizinya juga rendah.




No comments:

Post a Comment

Azithromycin, Antibiotik yang digunakan untuk terapi covid

Azithromycin merupakan antibiotik golongan makrolida yang memiliki mekanisme kerja dengan mengikat subunit ribosom 50S pada mikroorganisme y...